CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Selasa, 18 Juni 2013

kewirausahaan (perilaku konsumen)

Perilaku konsumen

Faktor –faktor yang mempengaruhi keputusan membeli Tujuan kegiatan pemasaran adalah mempengaruhi pembeli untuk bersedia membeli/menggunakan produk/barang/jasa yang di tawarkan (saat mereka membutuhkan) Hal ini penting diketahui seorang manajer/tenaga pemasaran untuk memahami : mengapa dan bagaimanakah tingkah laku konsumen tersebut demikian/seperti itu... jika perusahaan /kita tahu akan tingkah laku pembeli/konsumen maka dapat dengan mudah untuk : 
a. Mempromosikan 
b. Mendistribusikan 
c. Menentukan harga 
d. Mengembangkan produk 
Faktor faktor yang mempengaruhi keputusan pembeli sangat beragam dan alasan kompleks: Diantaranya: 
1. Kebudayaan/adat 
2. Kalas sosial/pendapatan/jabatan 
3. Lingkungan /komunitas kecil 
4. Keluarga 
5. Kepribadian 
6. Sikap dan kepercayaan 
7. Konsep diri 
8. Pengalaman 
Selain itu juga di perlukan suatu proses dan waktu 
1. Kebudayaan/adat Kebudayaan adalah simbol dan fakta yang komplek yang di ciptakan oleh manusia dengan proses waktu , diturunkan dari generasi ke generasi sebagai penentu dan pengatur pola tingkah laku manusia dalam masyarakat yang ada Simbol bersifat kentara: karya seni, pakaian, alat alat kesaharian, rumah, karya seni, makanan Simbol tak kentara : sikap, pendapat, nilai nilai budi pekeri, bahasa, agama Seiring kemajuan jaman ada perkembangan jaman sesuai kebudayaannya 
2. Kalas sosial/pendapatan/jabatan Faktor sosial dapat di bedakan berdasar tingkat pendapatan, model perumahan/tempat tinggal, kendaraan. Dan dapat di golongkan menjadi : Golongan atas : pejabat tinggi dan pengusaha kaya/berhasil Golongan menengah : karyawan/pegawai instansi pemerintah dan karyawan tetap perusahaan besar, penguasaha menengah, pedagang besar/grosir dll Golongan rendah : karyawan /buruh pabrik, pedagang kecil, tukang-tukang, honor harian dll. 
3. Lingkungan /komunitas kecil Dalam suatu komunitas ada rasa tolerasni/kebersamaan, atau persaingan dll . yang termasuk kelompok ini seperti perkumpulan profesi(buruh, pedagang pasar), agama, lingkungan tetangga, satu instansi, satu perusahaan. Satu sekolahan, dll 
4. Keluarga Dalam keluarga banyak keinginan: untuk kelompok umur, anak anak, remaja, dewasa , janda duda, pengantin baru, berbeda dalam penentuan produk dan keinginan serta kebutuhan. 
5. Kepribadian Masyarakat dengan berbagai kepribadian diantaranya berdasar yaitu: Kegiatan aktivitas keseharian, pekerjaan,, minat, karakter pribadi 
6. Sikap dan kepercayaan Kepercayaan mempengaruhi sikap dan sikap berpengaruh terhadap sikap... saling berhubungan dalam menentukan pembelian. 
7. Konsep diri Merupakjan cara seseorang untuk melihat , merasakan dan memahami tentang sesuatu hal. Jati diri seseorang dan jiwa idealismenya pribadi atau orang lain menjadi pertimbangan yg mempengaruhi untuk membeli sesuatu. 
 8. Pengalaman Dengan pengalaman seseorang akan belajar dari produk/barang /jasa yang di peroleh .......... dari pengamatan, memakai/menggunakan, merasakan nya... maka akan menentukan seseorang untuk bertindak untuk membeli atau tidak.
           Tahapan seseorang dalam proses pembelian/pemakaian jasa produk/barang yaitu:
1. Menganalisa keinginan dan kebutuhan (mendesak, pokok) 
2. Menilai sumber sumber dana yang ada (tunai /kredit) 
3. Menetapkan tujuan pembelian (primer, sekunder, tersier) 
4. Mengidentifikasi alternativ produk lain (perbandingan) 
5. Keputusan membeli 
           Motif seseorang dalam membeli/mengguankan barang /jasa 
a. Harga 
b. Model /Kegunaan 
c. Merk/Garansi ayg ditawaarkan/bahan 
d. Toko/swalayan/mall/ gallery yang menarik 
e. Kemampuan tenaga pemasaran mempengaruhi 
f. Lokasi dan pelayanan baik 

2 komentar:

  1. terima kasih atas infonyaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya...terima kasih sudah mengunjungi blog saya,,,,,semoga bermanfaat

      Hapus